Xaviera Putri, Mahasiswi KAIST Peserta Clash of Champions

Xaviera Putri Clash of Champions

Buat kamu yang bermimpi ingin melanjutkan sekolah ke Korea, yuk kenalan dengan Xaviera Putri! Dia sudah mengenyam pendidikan di Korea sejak jenjang SMA, lho~

 

Kamu sudah nonton episode 2 Clash of Champions? Di episode ini, para champions yang berhasil lolos ke babak selanjutnya dikejutkan dengan kehadiran ‘tamu’ yang turut menjadi peserta Clash of Champions. Mereka adalah para mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di luar negeri.

Salah satu peserta  yang bergabung di episode 2 adalah Xaviera. Kalo kamu berencana kuliah di Korea, mungkin kamu suka nontonin vlog-nya Xaviera di YouTube. Di kanal YouTube-nya, Xaviera sering bahas kegiatan selama ia berkuliah di negeri ginseng itu.

Mau tau tentang Xaviera lebih jauh? Yuk simak artikel ini!

 

Kenalan dengan Xaviera, Yuk!

Xaviera Putri

Foto: Dok. Pribadi 

Biodata Singkat Xaviera

Nama Lengkap
Xaviera Putri Ardianingsih

Tempat, Tanggal Lahir
Jakarta, 25 Agustus

Angkatan Kuliah
2020

Riwayat Pendidikan
– Korea Science Academy of KAIST
– Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Akun Sosial Media

Instagram
@xavieraaputri

TikTok
@xavieraaputri

LinkedIn
xaviputri

YouTube
@xavieraputrii

 

Meskipun kuliah di luar negeri, ternyata Viera (nama panggilan Xaviera) mengambil double majorlho guys! (Mirip Kak Belva lah yaaa xixixi).

Jurusan Viera adalah Computer Science dan Business Technology Management di Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Ibaratnya, KAIST tuh kayak Massachusetts Institute of Technology (MIT)-nya Korea deh. Mantap banget, kan!

Makannya, kamu kalo ngecek sosmednya, kadang suka nemu dia lagi puyeng sama kode-kode. WKWK. Semangat ya, Xav! (Kami cuman bisa bantu doa). Mudah-mudahan, Viera bisa lulus di tahun 2024 ini yaaa.

Baca Juga: 30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar

Kalo kuliah di Korea, kurang afdol rasanya jika gak suka K-Pop. Kebetulan banget! Viera ngefans sama Blackpink dan Jaehyun NCT. Apalagi, doi hobi nyanyi dan dancing. Hmm, bisa lah ya kapan-kapan kita request Xaviera buat nyanyi. *wink wink*

Oiya, di episode 2 Clash of Champions, Xaviera dipilih oleh Shakira sebagai teammate. Kira-kira, bakal seseru apa ya kerja tim Xaviera bareng Shakira, Yochan, dan Nasywa? Makannya, jangan lewatkan episode 3 Clash of Champions, ya!

 

Prestasi Xaviera Putri

Prestasi Xaviera Putri

Xaviera Putri Juara 1 SAP University Challenge (Foto: Dok. Pribadi) 

 

Xaviera aktif ikut lomba-lomba internasional lho, guys. Tidak hanya jadi peserta, Xaviera juga berhasil memenangkan beberapa perlombaan tersebut.

Misalnya, Xaviera menjadi pemenang pertama dalam DCAMP Global Startup Match tahun 2022. FYI, DCAMP ini merupakan startup inkubator terbesar di Korea Selatan. Selain itu, ia juga menjadi pemenang dalam SAP University Alliance Challenge tahun 2022.

Gak cuma itu aja, Xaviera pernah menjadi pemenang pertama dalam International Debate: PIONEERS 2071 yang diselenggarakan oleh KAIST, yang menjadi ajang kompetisi internasional.

Wow. Keren banget, ya! Apalagi, seluruh biaya sekolah Xaviera sejak SMA sampai kuliah ditanggung oleh beasiswa. Ia berhasil menjadi KSA of KAIST Scholarship Awardee (2017–2019) dan KAIST Scholarship Awardee (2020–2024).

Ditambah, pas lulus SMA, Xaviera dapat Academic Honors yang hanya diberikan kepada lulusan-lulusan terbaik. Fix ini mah, memang bibit unggul sejak belia. Mantap!

 

Xaviera as Content Creator

Xaviera Putri

YouTube & Social Platform reach 100k+ subscribers (Foto: Dok. Pribadi) 

 

Sebelum menjadi peserta dalam Clash of Champions, Xaviera ternyata sudah aktif bikin konten, guys. Saat ini, kanal YouTube-nya hampir meraih 200.000 subscribers. 

Selain itu, akun TikTok Xaviera sudah difollow lebih dari 200.000 pengguna. Sementara, di Instagram, pengikutnya sudah mencapai lebih dari 500.000. (Tentunya, angka ini akan bertambah terus yaaa >.<)

Xaviera juga udah nerbitin buku, lho! Judulnya Kimchi Confessions. Buku ini mengisahkan pengalaman Xaviera selama menjadi siswa SMA di Korea.

Cocok banget nih buat kamu yang sedang mengejar cita-cita untuk sekolah ataupun kuliah di luar negeri, khususnya Korea! ^-^

Baca Juga: Macam-Macam Huruf Korea (Hangul), Pelafalan, Cara Membaca & Menulisnya

Sepertinya bahas mahasiswi cakep ini gak ada habisnya, ya! Kalau kamu mau tahu update lebih jauh tentang Xaviera, boleh stalk sosial medianya~

Kamu juga bisa nge-vote Xaviera ataupun peserta Clash of Champions lainnya sebagai peserta favorit pilihan kamu di sini. Jangan lupa untuk terus ikuti tayangan Clash of Champions episode lainnya, hanya di aplikasi Ruangguru!

CTA Clash of Champions Ruangguru

Ruangguru

Platform bimbingan belajar online terbesar dan terbaik di Indonesia. Menyediakan layanan belajar berbasis teknologi interaktif untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK.