Profil Sandy, Peserta Clash of Champions dengan IPK 5.00

profil sandy clash of champions

Sandy Kristian sangat menarik perhatian penonton Clash of Champions karena punya IPK sempurna, serta tampil outstanding di episode 2 lalu. Mau kenal Sandy lebih jauh? Baca artikel ini, yuk!

 

Hayooo, siapa nih yang belum bisa move on dari acara Clash of Champions Ruangguru

Belum cukup bikin jiper karena melihat 40 peserta dari berbagai kampus ternama saling unjuk kecerdasan, di episode 2 lalu, penonton kembali dikejutkan dengan kehadiran 10 peserta baru dari kampus luar negeri, loh!

Gilee, gilee, nggak tuh?

Nah, salah satu peserta dari kampus luar negeri yang tampil outstanding karena meraih skor tertinggi di tantangan Shuffle and Recall adalah Sandy. 

Ia juga sedang ramai diperbincangkan di berbagai media sosial karena dianggap punya kehidupan yang seimbang. Kalo bahasa kekiniannya sih, Study-Life Balance gitu loohh… 

Soalnya, selain pintar dan rajin belajar, Sandy masih sempet-sempetnya nih untuk menyalurkan hobinya sebagai fanboy K-Pop! Hmm… jadi penasaran deh doi ngestan-in siapa. 

So, buat kamu yang mau kenalan lebih jauh dengan Sandy, yuk baca artikel ini sampai habis!

 

Berkenalan dengan Sandy

profil sandy kristian waluyo

Sumber: dok. pribadi

 

Biodata Singkat Sandy 

Nama Lengkap 
Sandy Kristian Waluyo

Tempat, Tanggal Lahir
Cirebon, 1 Mei 2005

Umur
19 tahun

Angkatan Kuliah
2023

Riwayat Pendidikan
– SMAK Penabur Cirebon
– National University of Singapore (NUS)

Akun Sosial Media
– Instagram: @sandyk_sk
– LinkedIn: linkedin.com/in/sandykristian/

 

Sandy Kristian Waluyo, atau yang lebih akrab disapa dengan Sandy, merupakan mahasiswa di National University of Singapore (NUS) angkatan 2023. 

Buat yang belum tahu nih, National University of Singapore itu merupakan kampus terbaik di Asia Tenggara dan peringkat ke-8 terbaik di dunia, berdasarkan QS World University Ranking 2024.

national university of singapore

Sumber: YouTube Ruangguru

 

Saat ini, Sandy mengambil double major di Jurusan Computer Science dan Mathematics. Nggak tanggung-tanggung, ia pun berhasil memperoleh IPK sempurna, yaitu 5.00/5.0. 

Udah mah sekolah di kampus bergengsi di Asia, ambil jurusan Ilkom dan Matematika, IPK nya juga 5.00 lagi. 

Kalo kata Agas sih, “Merinding loh nih aku, seriusss… merinding!!!”

Baca Juga: Cara Mengenali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Dalam tantangan Shuffle and Recall, Sandy mendapatkan skor tertinggi karena berhasil menghafal dan menyebutkan 46 dari 52 kartu remi secara berurut.

shandy peserta clash of champions ruangguru

Sumber: YouTube Ruangguru

 

“Aku ngafalin semuanya, aku ubah sebagai angka. Jadi, kartunya kan ada 4 simbol. Spade jadi 1, clover jadi 2, heart jadi 3, diamond jadi 4. Jadi misalnya, 4 diamond, aku tulisnya 4-4. Karena simbol lebih abstrak, sedangkan angka merupakan sesuatu yang gampang diingat”, jelas Sandy.

Karena menang di tantangan sebelumnya, Sandy terpilih menjadi captain tim. Ia memilih Axel, Hanif, juga Yesaya sebagai teammate-nya. Mereka akan beradu strategi dan kecerdasan dalam tantangan Number Chains di ronde berikutnya. So, jangan lewatkan keseruan episode 3 & 4 di minggu ini, ya!

 

Beragam Prestasi Sandy

Sandy memiliki banyak prestasi gemilang. Sejumlah kompetisi di dalam maupun luar negeri pernah ia ikuti. 

Dari SD aja guys, Sandy udah menyabet 5 medali di Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Matematika. Terus, di tahun 2018, Sandy menang OSN Matematika lagi dan mendapat Gold Medal. Di tahun berikutnya, Sandy menjadi peserta termuda OSN Matematika dan meraih Bronze Medal.

sandy saat mengikuti osn matematika

Sumber: instagram.com/sandyk_sk

 

“Saya bisa menjadi the one and only siswa kelas 8 SMP yang berhasil menjadi peserta dan Bronze medalist Olimpiade Sains Nasional tingkat SMA 2019 di Manado,” tulisnya di Instagram.

Nggak bosen-bosen, di tahun 2020, Sandy ikutan lagi OSN Matematika dan berhasil mendapatkan Silver Medal. 

Wah, wah, kayaknya slot medali di rumah Sandy masih banyak nih. Soalnya, di tahun 2022 lalu, Sandy mengikuti ajang olimpiade Matematika internasional paling bergengsi di dunia, yaitu International Mathematics Olympiad di Norway, dan mendapatkan Bronze Medal.

Gokil banget, Sandy! Pantesan strategi ngafalin kartunya pake angka.  

Di kampusnya, Sandy juga merupakan mahasiswa berprestasi, loh. Ia berhasil meraih penghargaan Dean’s List for Academic Year 23/24, Semester 2 National University of Singapore, atas prestasi akademiknya yang luar biasa dalam program Bachelor of Computing, Computer Science.

Tentunya, segudang prestasi ini Sandy dapatkan dari ketekunannya dalam belajar ya, guys.

Sandy pun pernah nge-spill nih, kalo dia pake produk Ruangguru untuk membantunya memperdalam materi-materi pelajaran sewaktu SMA.

“Dulu aku sering pake rangkuman dari ruangguru buat belajar biologi. Soalnya lebih gampang dilihat karena ada gambar-gambarnyaaa. Selain itu, aku juga sering mengerjakan quiz, belajar via adapto, dan roboguru.”

Nah, kalo kamu pengen sehebat Sandy, yuk lebih giat lagi belajarnya! Bisa pake produk Ruangguru juga untuk menambah pemahaman dan amunisi materi di sekolah.

 

Aktivitas Sandy di Luar Perkuliahan

Mungkin rasanya, nggak asik kalo nggak sibuk ya buat Sandy. Bahkan, di luar perkuliahan pun, Sandy masih mencari kesibukan lain. 

Di kampus, Sandy aktif menjabat sebagai Junior Tech Developer di NUS Indonesian Students’ Society. Di luar itu, ia menjadi tutor untuk persiapan olimpiade Matematika di Star Generation, dari 2022 sampai sekarang.  

Bahkan, belum lama ini, Sandy mencoba pengalaman baru dengan mengikuti program intern sebagai Software Engineer di Ruangguru, loh.

 

Sandy dan K-Pop!

Ternyata, kehidupan Sandy nggak cuma belajar, belajar, dan belajar, loh. Siapa sangka kalo orang sepintar ini, juga penyuka K-Pop?!

Di waktu luangnya, Sandy suka banget fanboying idol Korea seperti TWICE, IZ*ONE, IVE, ENHYPEN, (G)I-DLE, dan Taeyeon. Ada yang satu fandom nggak nih? Hehehe…

sandy saat nonton konser kpop

Sumber: dok. pribadi

 

Melalui akun instagramnya, Sandy juga kerap membagikan momen nonton konser K-Pop. Beberapa di antaranya ada BLACKPINK, TWICE, dan IVE. 

Baca Juga: Kenapa K-pop Begitu digemari Banyak Orang?

 

Gimana nih guys, udah nggak penasaran lagi kan? Ngomongin soal Sandy, sepertinya nggak akan ada habisnya, nih. Hehe… Semoga, prestasi dan semangat Sandy dalam belajar hal baru, bisa memotivasi kamu juga ya.

Cuss, jangan lupa vote Sandy ataupun peserta Clash of Champions lainnya sebagai peserta favorit pilihan kamu di sini. Ikuti terus tayangan Clash of Champions episode berikutnya, di aplikasi Ruangguru dan official YouTube Ruangguru!

clash of champions ruangguru

Ruangguru

Platform bimbingan belajar online terbesar dan terbaik di Indonesia. Menyediakan layanan belajar berbasis teknologi interaktif untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK.