Bacaan Ayat Kursi, Arti, dan Keutamaannya dalam Kehidupan

bacaan ayat kursi dan artinya

Salah satu ayat yang banyak dibaca oleh umat Muslim saat merasa takut, gundah, ataupun gelisah adalah ayat Kursi. Tapi, apakah keutamaan membaca ayat Kursi hanya itu saja? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

 

Terdapat salah satu ayat dalam Al-Quran yang dikenal memiliki berbagai keutamaan, sehingga ayat ini banyak dilafalkan oleh umat Muslim. Ayat yang dimaksud yaitu ayat Kursi. Ada banyak pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai ayat Kursi ini, seperti “Ayat Kursi ayat berapa?”, “Ayat Kursi berapa ayat?”, “Ayat Kursi surah ke berapa?”, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Jadi, ayat Kursi adalah ayat yang terdapat dalam surat Al-Baqarah. Surat ayat Kursi tepatnya yaitu surat Al-Baqarah ayat 255. Pada artikel kali ini, kita akan membahas ayat Kursi dan artinya. Selain itu, kita juga akan membahas keutamaan membaca ayat Kursi lengkap dengan manfaatnya. Simak penjelasannya sampai selesai, ya!

 

Bacaan Ayat Kursi

Lafadz ayat Kursi dapat kamu lihat berikut ini.

Bacaan Ayat Kursi dalam Bahasa Arab

 

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

 

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim.

Arti (Terjemahan) Ayat Kursi:

“Allah, tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus [makhluk-Nya]; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

 

Kapan Harus Membaca Ayat Kursi?

Sebenarnya, tidak ada ketentuan khusus kapan kita harus membaca ayat Kursi. Ayat Kursi boleh dibaca kapan saja, baik pagi hari, siang, sore, maupun malam hari.

Bahkan, banyak umat Muslim yang menghafalkan ayat ini dan membacanya kapanpun mereka sempat, seperti saat sehabis sholat, saat berdoa, maupun saat sebelum tidur. Hal ini dikarenakan membaca ayat Kursi dipercaya dapat membawa ketenangan serta ketentraman bagi hati dan jiwa.

Baca Juga: Kisah Nabi Ibrahim AS, Mukjizatnya, hingga Perintah Kurban

Syaikh bin Baz rahimahullah mengatakan, Ayat Kursi adalah ayat yang agung. Ayat ini memiliki keutamaan dalam kitab Allah dan mengandung unsur ketauhidan serta keikhlasan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Apabila Ayat Kursi dibaca setiap selesai sholat, maka orang yang membacanya akan terjaga dari kejahatan. Manfaat Ayat Kursi ini juga bisa diperoleh jika mengamalkannya secara ikhlas ketika hendak tidur.

 

Keutamaan Ayat Kursi

Terdapat beberapa keutamaan dalam membaca ayat Kursi, atau dapat dikatakan sebagai manfaat ayat Kursi yang bisa diperoleh apabila kita rutin melafalkannya. Keutamaan ayat Kursi antara lain:

 

1. Sebagai Wasilah Untuk Masuk Surga

Manfaat ayat Kursi yang pertama yaitu dapat menjadi wasilah seorang muslim untuk masuk surga. Keutamaan ini dapat diperoleh jika seorang Muslim membaca ayat Kursi setiap selesai sholat wajib. Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian.” (HR. An Nasâi)

 

2. Mendapat Penjagaan Allah SWT di Waktu Tidur

Setiap umat Muslim yang membaca ayat Kursi sebelum tidur di malam hari akan mendapatkan jaminan penjagaan dari Allah SWT sepanjang mereka tertidur. Setan tidak akan mampu mengganggu atau menggoda mereka hingga waktu subuh tiba. Dikutip dari Pustaka Lajnah Kemenag, hadis riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu menyebutkan:

“Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadhan. Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri dari makanan (zakat) ….”

Di akhir hadis, pencuri itu berkata: “Bila engkau hendak tidur, maka bacalah Ayat Kursi karena penjagaan dari Allah akan terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai Subuh”. Kemudian Nabi berkata: “Dia telah berkata benar kepadamu, walau ia pendusta. Ia adalah setan.” [HR al-Bukhari, 2311].

Baca Juga: Pengertian Ibadah Haji, Hukum, Rukun, Syarat & Larangannya

 

3. Melindungi Sepanjang Hari Jika Dibaca Pagi dan Petang

Keutamaan ayat Kursi lainnya yakni dapat menjadi pelindung sepanjang hari bagi setiap umat Muslim yang membacanya di waktu pagi dan petang. Bacaan ayat Kursi pada waktu pagi dan petang ini bisa dijadikan sebagai bagian dari zikir pagi dan petang. Jika dibaca pada pagi hari, maka seorang Muslim akan dilindungi oleh Allah sampai waktu petang. Kemudian jika dibaca pada waktu petang, maka Allah akan melindunginya sampai pagi keesokan harinya.

Dasar keutamaan ini merujuk pada hadis dari Ubay bin Ka’ab, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi [oleh Allah dari berbagai gangguan] hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani mensahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655).

 

4. Keagungan Ayat Kursi Melebihi Bumi dan Langit

Melalui kitab Al Tibyan fi Adabi Hamalat Al Qur’an, Imam Nawawi menjelaskan surat atau ayat tertentu yang dianjurkan untuk dibaca pada waktu-waktu tertentu. Pada bab berjudul “Al-ayat wa al-suwar al-mustahabbah fi auqatin makhsushatin”, Imam Nawawi hanya membahas sebagian saja. Salah satunya, yaitu tentang fadhilah atau keutamaan Ayat Kursi. Beliau mengutip kisah yang diceritakan Abdullah bin Mas’ud dalam sebuah hadis. Rasulullah saw. bersabda:

“Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi [karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah]. Sebab ayat kursi merupakan [salah satu] kalamullah [perkataan Allah], sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi.” (HR. Tirmidzi).

 

Baca Juga: 15 Manfaat Zikir bagi Umat Islam beserta Makna dan Caranya

Demikian penjelasan lengkap mengenai ayat Kursi, beserta keutamaan dan manfaatnya bagi umat Muslim. Nah, setelah tahu bahwa ayat Kursi memiliki berbagai keutamaan, jangan lupa untuk rutin membacanya, ya! Terutama saat sehabis sholat wajib, saat membaca dzikir pagi dan petang, serta saat sebelum tidur. Dengan membaca ayat Kursi, hati akan terasa lebih tenang dan tentram karena Allah SWT akan menjaga kita dari godaan syaitan yang terkutuk.

Jangan lupa juga untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi akademikmu bersama Ruangguru! Yuk, gabung sekarang dengan klik banner berikut!

CTA ruangbelajar

Referensi:

https://www.tokopedia.com/blog/ayat-kursi-arab-latin-arti-slm/?utm_source=google&utm_medium=organic (Diakses pada 1 Juni 2024)

https://tirto.id/bacaan-ayat-kursi-tulisan-arab-latin-arti-keutamaannya-f96M (Diakses pada 1 Juni 2024)

https://gramedia.com/literasi/bacaan-ayat-kursi/ (Diakses pada 1 Juni 2024)

Kenya Swawikanti