Shakira Amirah, Mahasiswi Kedokteran UI Peserta Clash of Champions

Shakira Amirah Clash of Champions

Shakira Amirah, salah satu peserta Clash of Champions, mencuri perhatian netizen karena menulis 13 publikasi ilmiah yang terindeks Scopus. Mau cari tahu lebih lanjut tentang Shakira? Yuk simak artikel berikut!

 

Sejak episode pertama Clash of Champions, Shakira sudah unjuk gigi dan menjadi salah satu peserta yang banyak diperbincangkan netizen.

Kira-kira, kenapa ya Shakira bisa unggul hampir di setiap tantangan Clash of Champions? Terus, Shakira punya rahasia apa sih yang membuat dirinya jadi pinter gini? Mari kita mengenal Shakira lebih jauh!

 

Kenalan sama Shakira, yuk!

Shakira Amirah Clash of Champions

Foto: Dok. pribadi

 

Biodata Singkat Shakira

Nama Lengkap
Shakira Amirah

Tempat, Tanggal Lahir
Malang, 6 November

Angkatan Kuliah
2020

Riwayat Pendidikan
– Sekolah Menengah Pertama 115 Jakarta
– Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong
– Universitas Indonesia Jurusan Kedokteran

Akun Media Sosial

Instagram
@shakiraamirah

TikTok
@shakiraamirah

LinkedIn
shakiraamirah

Channel WhatsApp
Shakira update?🍭

 

Buat kamu yang ngikutin seluruh episode Clash of Championsgak mungkin gak kenal sama Shakira.

Dari episode 1, Shakira sudah ‘bersinar’ karena berhasil menjadi orang pertama (dan tercepat) dalam menyelesaikan extreme addition round 1. Tanpa perlu insecure lebih jauh, Shakira auto berhasil masuk ke babak selanjutnya.

Shakira juga sempet nge-spill gimana strateginya dalam mendapatkan jawaban benar dari 625 digit angka yang tertera. Intinya, kata Shakira, dia mengelompokan angka-angka yang sama. Terus, dia hitung ada berapa jumlah si angka yang sama itu, kemudian dikali.

Abis itu, baru deh hasil perkaliannya dijumlah semua. Shakira juga nambahin kalo ada jawaban yang salah, dia gak ngulang dari awal, melainkan cari di mana titik salahnya. Nah, strategi ini ternyata efektif, guys!

Kemudian, pada tantangan Shuffle and Recall di episode 2 Clash of Champions, Shakira langsung menganalisis salah satu kelemahannya, yaitu menghapal.

Makannya, dari awal doi udah mapping duluan, kalo gak akan ngapalin 52 kartu secara keseluruhan, melainkan setengahnya aja, asal bener semua.

Eh, ternyata Shakira malah sanggup menghapal sampai 34 kartu. Yang jelas, lebih dari ekspektasi awal, dan Shakira menduduki peringkat 5 pada tantangan Shuffle and Recall ini. Mantap gak tuh~

Nah, terus, kalau kamu nonton di episode 3 dan episode 4, Shakira yang didaulat sebagai kapten tim, juga punya strategi dalam memanfaatkan kelebihan timnya (Xaviera, Yochan, dan Nasywa).

Misal, pada saat tantangan number chain, tim Shakira memprioritaskan untuk mengerjakan board 4 dan board 5 duluan karena punya skor yang lebih tinggi.

Terus, pada tantangan Memory Madness: Gallery Quest, tim Shakira battle sama tim Kenji buat menghapal 100 lukisan terkenal di dunia, mulai dari judul lukisan, pelukis, asal negara pelukis, tahun pembuatan lukisan, serta tahun kelahiran dan wafat pelukis.

Dalam tantangan ini, Xaviera menjadi peserta yang menonjol karena berhasil menjawab banyak sekali pertanyaan yang diajukan.

Baca Juga: Xaviera Putri, Mahasiswi KAIST Peserta Clash of Champions

Fyuh, lengkap kali ni penjelasan tentang performa Shakira selama Clash of Champions. Jangan lewatkan terus penampilan keren Shakira di episode-episode Clash of Champions berikutnya, hanya di aplikasi Ruangguru dan kanal YouTube Ruangguru.

Kalo dari cerita tentang Shakira yang punya strategi mantep di hampir setiap tantangan, kamu pasti penasaran dong dengan prestasi Shakira?

 

Apa saja prestasi Shakira?

Shakira Amirah Clash of Champions

Foto: Dok. pribadi

 

For Your Information nih, guys. Karena kedua orang tua Shakira dokter, Shakira ketularan ingin jadi dokter juga. Makannya, Shakira bertekad banget untuk bisa masuk Jurusan Kedokteran di Universitas Indonesia.

Karena tekad kuatnya itulah, Shakira berhasil menjadi mahasiswa Kedokteran Universitas Indonesia. Bukan hanya itu aja, Shakira juga dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia tahun 2023.

Baca Juga: Ingin Kuliah Kedokteran? Yuk, Nonton 5 Film tentang Kedokteran Ini!

Shakira juga berhasil menjadi juara 1 dalam Asian Medical Students Conference (AMSC) tahun 2022 di Seoul, Korea Selatan (bahkan Shakira juga berkontribusi sebagai Vice Overall Chairperson Internal di AMSC, lho guys).

Selain itu, Shakira juga menjadi salah satu Best Participants dalam Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) tahun 2020, pernah menjadi pembicara Tedx UNDIP 3.0, meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Informatika saat SMA, memiliki 13 publikasi ilmiah yang terindeks Scopus, dan masih banyak lagi.

Wah, kalo diliat-liat Shakira ini rajin banget ikut lomba maupun olimpiade, yah. Tapi kamu tau gak guys, kalau Shakira ini hobinya memang nulis paper untuk mengisi waktu luang, sekaligus suka meng-explore beberapa perpustakaan di Jakarta.

Shakira juga bangun di jam 3 pagi buat mengerjakan tugas dan belajar. Soalnya menurut Shakira, jam segitu tuh suasananya hening banget dan tenang, jadi ngebantu banget buat nge-boost konsentrasinya. Fabolous, fabolous! *clapclap

 

What we can learn from Shakira

Shakira Amirah Clash of Champions

Foto: Dok. pribadi

 

Meskipun banyak hal baik yang bisa kamu ambil dari Shakira, tapi ada satu hal yang kayaknya bisa kamu terapkan karena paling gampang nihguys. Kamu cuma perlu positive thinking dan konsisten. Hmm, apa tuhh?

Di podcast bareng Denny Sumargo, Shakira sempat nge-spill trik dari Xaviera, yang ternyata juga diajarkan sama mamanya tentang positive affirmation.

Afirmasi positif ini dilakukan setiap bangun tidur, ketika otak masih berada di gelombang theta. Dalam kondisi ini, sangat baik kalau kita mengafirmasi hal-hal positif untuk diri kita. Misal, “Aku cantik, aku sehat, aku bahagia, aku sempurna, aku baik, aku kaya raya, aku rajin, aku bisa pacaran sama Maxwell.”

Baca Juga: Profil Maxwell, Peserta Clash of Champions Paling Viral

Kalau afirmasi positif yang sudah ditanamkan sejak lama, sangat mungkin akan kejadian di masa depan, guys. Asyik banget kannn kalau kita bisa mendapatkan hal yang kita inginkan dengan modal konsisten melakukan positive affirmation (tentunya dibarengi dengan usaha dan doa juga, ya!) Xixi.

Gimana guys perkenalan singkat dengan Shakira, cewek cerdas nan rajin yang suka banget ke perpustakaan ini? Jadi terinspirasi untuk makin rajin belajar dong?

Buat kamu yang nge-fans sama Shakira, langsung aja vote Shakira maupun peserta Clash of Champions lainnya sebagai peserta favorit pilihan kamu di sini. Jangan lupa untuk terus ikuti tayangan Clash of Champions episode lainnya, hanya di aplikasi Ruangguru!

Clash of Champions Ruangguru

Ruangguru

Platform bimbingan belajar online terbesar dan terbaik di Indonesia. Menyediakan layanan belajar berbasis teknologi interaktif untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK.